Selamat Datang di RIRI Blog

Thursday, October 16, 2014

Belajar SEO (Search Engine Optimization)

Belajar SEO memang menyenangkan asal kita menikmati permainannya dan bukan sebagai beban yang membuat kita merasa down di saat apa yang kita inginkan belum tercapai. Apa lagi buat seorang blogger yang pastinya blognya banyak pengujung. Tapi akan sangat disayangkan jika hanya sekedar menulis blog post tapi tidak efektif karena tidak memenuhi basic SEO yang harus diterapkan dalam blog post mereka.
Untuk para blogger yang masih merasa binggung tentang SEO dan cara menerapin SEO dasar, saya coba menjelaskan step by step basic SEO di postingan ini.
Sebelum kita teruskan, terlebih dahuli saya pastikan Anda jelas bahwa disini saya menggunakan CMS wordpress dan menginstall plugin all in one SEO pack.
Ok gan lanjut yah. Berikut ini elemen-elemen dasar SEO internal yang ada di blog kita dan Anda wajib ketahui.

1. Page Title
Page title atau bisa disebut juga  judul halaman. Biasanya Anda bisa temukan di bagian sudut kiri bagian atas saat Anda membaca postingan ini tapi tergantung web browser yang Anda gunakan.
Mengapa Page Title itu perlu ?
Kembali ke tujuan SEO yaitu agar web atau artikel Anda mudah ditemukan dan memilik ranking tinggi di mesin pencari apa saja seperti google, yahoo ataupun bing.
Saat membuat page title, usahakan mencantumkan kata kunci yang ingin Anda optimalkan di sehingga artikel Anda mudah di temukan di mesin pencari ketikan pengungung mengetik kata kunci yang telah Anda optimasikan.
Selain mencantumkan kata kunci menurut saya sih buat title page Anda semenarik mungkin menggunakan kata kunci yang telah anda bidik. Selain itu tujuannya juga agar pada saat postingan Anda di index oleh mesin pencari dan muncul di paling tidak Halaman pertama, pengunjung akan langsung tertuju ke blog atau website Anda.
Jangan juga terlalu panjang membuat page title karena jika terlalu panjang, hasil yang muncul di mesin pencari juga tidak maksimal.

2. Meta Description
Di dalam meta description ini adalah untuk mendescripsikan tentang postingan Anda.
Saat menulis deskripsi terebut, usahakan menjelaskan maksud dari page title yang telah Anda buat. Cantumkan kata kunci saat menulis deskripsi artikel yang telah Anda buat dan tentunya relevan (google suka relevansi, apa lagi pembaca Anda).
Sama halnya saat postingan Anda diindex dan telah masuk ke search engine google, maka page title dan meta description inilah yang akan nampak di search engine.
3. Meta keyword
Nah disini kebanyakan para blogger membuat kesalahan (termasuk saya :p dulunya) saat menulis meta keyword. Cenderung kesalahan yang dibuat adalah memasukkan semua keyword yang ingin di targetkan yang sebenarnya hal ini tidak perlu. Agar hasil postingan Anda lebih berkualitas, usahakan untuk mentargetkan hanya satu keyword untuk tiap postinga atau page Anda.

4. Body Content
Body Content atau isi dari blog anda yaitu article Anda. Buatlah isi dari artikel Anda itu berguna dan dapat menyelesaikan masalah yang mereka sedang butuhkan.
Untuk mengoptimasi agar semua elemen mulai dari page title, meta description dan keyword menjadi relefan gunakan kata kunci yang ingin Anda targetkan terutama saat membuat konten.
Usahakan saat membuat suatu artikel, Anda menjelaskan apa yang pembaca dapatkan dari konten yang Anda buat sehingga pembaca blog Anda merasa mendapatkan manfaat konten yang telah Anda buat tersebut.
Nah dimana peran kata kunci di dalam suatu konten? karena disini kita membahas tentang SEO so ya udah jelas kata kunci yang kita cantumkan di dalam konten postingan terindex di mesin pencari dan meningkatkan ranking artikel Anda untuk mudah di temukan saat mencari informasi di mesin pencari  seperti google, yahoo dan bing.
Bagi saya isi dari konten blog Anda memiliki peranan yang vital karena walaupun Anda tidak memiliki kata kunci yang membuat blog Anda tetapi isi artikel Anda bermanfaat, pengunjung Anda tidak akan segan untuk menshare nya ke temannya yang lain
Setelah Anda membaca keseluruhan dari elemen dasar internal SEO, Anda sudah mengetahui cara sederhana melakukan internal atau biasa di sebut On-Page SEO di blog Anda sekarang.
Untuk pembaca setia blog rachimuddin dot com ini, jika ada tanggapan atau tambahan dari postingan ini, silahkan memberikan komentar di form di bawah ini.

No comments:

Post a Comment